Senin, 09 April 2012

Cuaca ektstrim: Asal Usul Badai Iggy



Dari awan yang cerah tiba-tiba menjadi awan mendung yang berwarna hitam pekat. Angin yang menyeramkan dan tiba - tiba terdengar hujan yang disertai angin yang sangat mencekam.
Mungkin akhir-akhir ini kita sendiri pernah merasakannya. 
Ternyata badai cuaca ekstrem ini bernama badai Iggy. Badai ini, ternyata berasal dari negara tetangga kita yaitu Australia.


Ternyata badai ini menyebabkan 14 orang meninggal selama badai ini berasal di Indonesia.
Menurut Kepala Sub-Bidang Cuaca Ekstrem Kukuh Ribudiyanto, Badai Iggy itu biasanya terjadi pada suhu 10 derajat, baik disebelah lintang utara atau lintang selatan bumi.

Badai Iggy meskipun di daratan terlihat sudah menyeramkan, tetapi kenyataannya di daratan itu kekuatan badai Iggy justru menurun sedangkan ketika badai ini berada di lautan lepas justru kekuatannya bertambah.

Berdasarakan situs BMKG badai tropis biasa terjadi di laut. Badai ini mempunyai ukuran diameter sampai ratusan meter dan bisa bertahan satu hingga 30 hari.

Badai ini biasa terjadi 2 periode yaitu :
  • musim penghujan, dan
  • musim kemarau


Pergerakannya dipengaruhi oleh gerak semu matahari. 
Namun intensitas badai mulai menurun terutama di kawasan Pantai Utara Jawa. Diperkirakan besok kawasan selatan Pulau Jawa juga sudah aman untuk melaut. Badan Meteorologi Australia mengklasifikasikan badai Iggy kemarin dengan kategori siklon tingkat dua. Artinya memiliki kecepatan angin 130 kilometer/jam. Kini Badai Iggy tercatat bergerak di kawasan barat Australia. 


sumber :
http://www.tempo.co/read/news/2012/01/31/095380771/Asal-Usul-Badai-Iggy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar