Jumat, 16 Maret 2012

tips walking test pramugari


TIPS WALKING TES GARUDA INDONESIA




pada tugas saya kali ini saya memuat beberapa tulisan, Mungkin tulisan saya kali ini sama sekali tidak sejalan dengan jurusan yang saya ambil yaitu accounting, tapi inilah impian saya dari kecil menjadi flight attendant itulah alasan saya untuk memuat tulisan ini dan tulisan ini diambil dari forumpramugari.wordpress.com dan sebagian dari pengalaman saya sendiri  semoga bermanfaat :


Pertama Walk the ‘IT’ walk


Pada walking test kali ini yang paling diutamakan dilihat oleh para recruiter ialah cara kita berjalan, cara jalan yang terlalu kaku dan tidak beraturan tentu sama sekali tidak akan menarik perhatian para recruiter yang ada dihadapan kita, cara berjalan yang terlalu lemah gemulai seperti para model pun tidak akan menarik para recruiter juga. 
Jadi, Berjalanlah dengan langkah ringan dan percaya diri. Jarak antara satu langkah ke langkah berikutnya jangan terlalu sempit, jangan pula terlalu lebar. Tangan diletakkan di sisi tubuh dengan luwes, jangan diletakkan di balik punggung atau dilipat seperti anggota paduan suara. Kedua tangan di sisi tubuh dengan rileks dan sedikit berayun saat kaki melangkah menandakan sang kandidat terlihat santai tanpa beban namun tetap menawan.


Kedua  It’s NOT just about the walk


Memang kelihatannya mudah, tapi ternyata tidak semudah yang kita kira.
Dengan situasi yang membuat jantung kita hampir copot kita harus tersenyum dengan tulus, melangkah kan kaki dengan percaya diri dan wajah kita tidak boleh terlihat tegang.
Selain itu, Cara berjalan juga bisa dipakai sebagai penilaian awal terhadap kepribadian sang kandidat. Orang yang berkepribadian angkuh bisa dikenali dari cara berjalan yang semena-mena dan wajahnya sedikit mendongak ke atas.

Ketiga Be bright, shining ad confindence not over confidence 

Bukan hanya cara jalan dan postur tubuh saja yang menjadi pertimbangan utama dalam tes berjalan ini. Keindahan kulit pun ikut diperhatikan. Itu sebabnya semua kandidat pramugari dilarang memakai stocking dan diwajibkan memakai baju lengan pendek dan rok selutut.


Pastikan kulit tangan dan kakimu terlihat mulus tanpa bekas luka, terutama di bagian-bagian yang sangat mungkin terlihat bila memakai seragam pramugari Garuda Indonesia. Nggak semua orang terlahir dengan kulit sempurna, kekurangan itu pasti ada dan sangat manusiawi. Tapi menutupi kekurangan akan menjadi poin plus bagi tim rekrutmen Garuda Indonesia.


Keempat, First impression really matters


sesudah tahap walking test pasti selanjutnya kita akan dihadapi tahap perkenalan diri. 



Cara memperkenalkan diri menjadi pertimbangan utama. Untuk itu, sangat disarankan agar semua kandidat yang mau mengikuti tes ini agar berlatih memperkenalkan diri di rumah. Siapkan teks singkat yang berisi profil dirimu dan hafalkan. Latihlan cara mengucapkannya dengan baik dan penuh percaya diri di depan anggota keluarga, sahabat, pacar atau siapa pun yang mendukung langkahmu menjadi pramugari. Tidak usah membuat teks perkenalan diri yang terlalu panjang. Selain tidak efektif dan dianggap bertele-tele, bila kamu gugup nanti bisa jadi kamu tidak ingat satu pun kalimat perkenalan diri yang sudah dirangkai tersebut. Cukup sebutkan nama, usia, tinggi dan berat badan, dan aktivitas/pekerjaan saat ini (*ini merupakan informasi standar yang diminta oleh tim rekrutmen).


Ada baiknya bila ditambahkan info tentang kelebihan dirimu yang relevan untuk profesi ini. Misalnya, menguasai bahasa asing selain Bahasa Inggris atau memiliki pengetahuan dan pengalaman cukup tentang dunia layanan jasa (service/hospitality industry). Tambahan info semacam inilah yang nantinya membedakan kamu dengan kandidat yang lain. Tentunya ini harus dilengkapi dengan senyum manis yang tulus ya  Dijamin deh tim rekrutmen pasti akan melirik ke arahmu dan menjadikanmu dalam salah satu daftar kandidat yang dipertimbangkan untuk lolos ke tahap berikutnya.


Berikut ialah beberapa tips dari saya semoga bermanfaat dan beguna . Terimakasih 


Sumber :
http://forumpramugari.wordpress.com/2011/11/26/tips-walking-test-garuda-indonesia/#more-647 





1 komentar:

  1. Pengalaman terbang bersama crew Garuda Indonesia ..
    https://www.youtube.com/watch?v=BrVtsVHi64s

    BalasHapus